Komputer Tablet VS Notebook

Komputer Tablet VS Notebook
Komputer tablet bukan teknologi baru karena telah diperkenalkan beberapa tahun lalu, namun tak seperti laptop yang sudah lebih dikenal luas, hingga kini masih banyak orang yang belum tahu apakah komputer tablet itu.

Komputer tablet sejatinya merupakan komputer portabel seperti halnya laptop. Sesuai dengan namanya, bentuknya seperti tablet yang dipenuhi layar. Komputer tablet memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital untuk mengoperasikannya. Karena itu, pada umumnya komputer tablet tak dilengkapi keyboard maupun tetikus. Untuk mengetik tulisan atau memasukkan teks, sejumlah komputer tablet dilengkapi keyboard virtual yang bisa ditampilkan di layar. Beberapa produk ada yang dilengkapi program untuk mengenali tulisan tangan. Komputer tablet yang tak memiliki keyboard ini sering disebut komputer tablet murni. Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad. Pada tahun 2011 Samsung meluncurkan versi komputer tablet Galaxy Tab 8.9 dan 10.1(P7100).
Lalu apa kelebihan dan kekurangan komputer tablet dibanding laptop?
Sejumlah pendapat yang dihimpun dari Internet menyebut fitur-fitur dan aplikasi yang bisa dimuat komputer tablet lebih terbatas, meski dari segi bentuk perangkat ini lebih simpel ketimbang laptop atau notebook.
Beberapa komputer tablet di bawah ini semoga bisa menjadi referensi untuk memilih komputer tablet
1. Apple iPad
Komputer tablet ini dibuat dan didesain oleh perusahaan Apple yang lebih dulu populer dengan produk seperti iPod dan iPhone.
Kelebihannya ialah menggunakan iPhone OS yang sangat sederhana, unik dan memiliki respon yang cepat dan baik pada sentuhan jari. Juga terdapat berpuluh-puluh ribu aplikasi dan permainan yang dapat diunduh secara online melalui Appstore.
Sayangnya iiPad tidak memiliki fungsi “multitasking out of the box”, yaitu kemampuan menjalankan beberapa aplikasi serentak, tidak memiliki port USB dan tidak memiliki webcam untuk fitur video call.
2. HP Slate
Komputer tablet keluaran HP ini menggunakan sistem operasi Windows 7 dari Microsoft.
Kelebihannya yaitu menggunakan sistem operasi dekstop, kitapun bisa menginstal software seperti Firefox, Photoshop, dan sebagainya.
Namun dekstop OS-nya sangat lambat dari segi hardware requirement dan kurang luwes merespon sentuhan jari.
3. JooJoo Tablet
Keluaran Fusion Garage ini dioptimalkan untuk pengalaman berinternet yang beda. Kecepatan startup-nya hanya 9 detik untuk menghubungkan kita dengan internet. Tidak ada menu atau jendela yang pastinya akan memudahkan navigasi. Tablet dengan sistem operasi Linux ini bisa dikatakan berbanding terbalik dengan iPad dalam hal kelebihannya.

0 komentar:

Blogger Template by Blogcrowds